FUNDING BUAT BISNIS STARTUP

Pendanaan atau biasa disebut funding adalah salah satu bagian yang penting dalam lingkungan startup. Seorang startup perlu mempelajari mekanisme pendanaan dan mengidentifikasi produk startup yang paling cocok untuk bisnis startup teman2 sebelum menentukan sumber pendanaan. Ada beberapa tipe pendanaan yang ditawarkan oleh investor. Sebelum memilih tipe pendanaan, pahami kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe pendanaan. Berikut ini tipe-tipe pendanaan yang bisa jadi pilihan 1. Pembiayaan sendiri (Bootstraping) Bootstraping berarti mendanai startup dengan biaya sendiri. Istilah ini mengacu pada pemilik perusahaan (startup) yang memutuskan mendanai bisnisnya sendiri tanpa tergantung pada sumber dari luar untuk dukungan keuangan. Hal ini berarti berhemat, menabung dan memeras serta menggunakan sumber daya minimal yang dapat digunakan. Prinsip-prinsip di balik bootstraping adalah memperhatikan setiap sen, menimbang pilihan belanja dibandingkan laba atas investasi, melakukan banyak hal dengan sedikit pengeluaran (doing more with less). Dalam jenis pendanaan ini, Startup sering mengevaluasi semua asetnya, termasuk rekening tabungan pribadi, kartu kredit, ekuitas di real estate, rekening pensiun, kendaraan, peralatan rekreasi, dan bahkan koleksi. Perusahaan startup yang berhasil mendapatkan banyak uang atau investasi sering cenderung mengeluarkan uang secara berlebihan. 2. Bantuan (Grant) Pemerintah sering mengadakan berbagai program bantuan pemerintah untuk jenis bisnis startup tertentu. Untuk mencari informasi lebih lanjut tenang hal tersebut dapat dilakukan melalui pencarian online di situs web pemerintah terkait. Sementara bantuan tersebut tidak harus dikembalikan, namun akuntabilitasnya lebih tinggi dengan hasil yang dikeluarkan memiliki batas waktu yang sulit ditentukan.
3. Pembiayaan ekuitas (Equity Financing) Ribuan bisnis yang setiap tahun dibiayai oleh swasta atau investor “institusional” demi ekuitas di perusahaan tersebut. Pembiayaan ekuitas ini berkisar dari tipe sederhana “teman dan keluarga”, hingga investor swasta tingkat tinggi net-worth investor yang dikenal sebagai “angel investor,” dan untuk semua investor professional yang disebut “kapitalis ventura”. Penempatan dana dari investor ini dikonversi menjadi bagian saham pada bisnis starup tersebut.
Pinjaman kerjasama masuk dalam kategori ke 3 ini..bisa berupa angel investor atau modal ventura
4. Pembiayaan hutang (Debt Financing) Debt Financing biasanya berupa pinjaman atau jalur kredit dengan jadwal pembayaran dan tingkat bunga tertentu. Usaha kecil yang baru biasanya dibiayai dengan pembiayaan utang oleh bank atau lembaga keuangan lainnya. Lembaga-lembaga keuangan tersebut melihat dengan teliti pada aliran kas perusahaan, jaminan, dan likuiditas aset. Kamu harus memiliki rencana bisnis tertulis yang masuk akal dan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan keuangan dalam usaha. Pembiayaan hutang harus dibayarkan kembali dengan bunga, pembiayaan ini jg biasa disebut KUR yg ada di bank2..
Disadur dari Kuliah Telegram TDA Batam yang dibawakan Pak Gunawan (Ketua TDA Batam 4.0)0

Latest News

KOPDAR TDA Perempuan (22 Maret 2018)

Kami kopdar.. Belajar itu demi... Materinya: 1....

March 21, 2018

Balance Score Card (BSC) Detail

Selamat malam, selamat bertemu kembali. Malam i...

January 16, 2016

Mengenali Belantara Bernama Internet Marketing

Terima kasih pakMo dan TDA Batam yg mengajak sh...

January 16, 2016

Peningkatan Income

Tadi malam, saya menginap di rumah anak saya (A...

January 14, 2016

Balance ScoreCard (BSC)

Setelah beberapa hari tidak sempat menulis post...

January 14, 2016
www.scriptsell.net
Menu Title